Uncategorized

Cara Memilih Motif Kubah Masjid Yang Menarik Dan Menawan

Kubah masjid adalah bagian atas bangunan masjid di tengah atap, model umum kubah bulat, tetapi ada juga yang piramidal dan segitiga. Keragaman model desain kubah adalah karena akulturasi arsitektur masjid dari Timur Tengah dengan arsitektur lokal atau lokal. 

Seperti diketahui, kubah tidak berasal dari budaya Islam, dan Islam tidak mengajarkan bentuk arsitektur secara konkret. Secara historis, kubah tidak diketahui pada masa Nabi Muhammad, seperti halnya dengan menara dan mihrab.

Cara Memilih Motif Kubah Masjid Yang Menarik Dan Menawan

Menurut arsitektur terkemuka, Prof. K Cresswell, dalam arsitektur Muslim awal, desain asli masjid Madinah tidak mengenal kubah sama sekali. Dalam rekonstruksi arsitekturalnya, Cresswell menyebutkan betapa sederhananya masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad itu.

Awalnya arsitektur persegi panjang dengan tembok sebagai pembatas. Semacam beranda diciptakan di sepanjang bagian dalam dinding, yang secara langsung terkait dengan bidang terbuka di tengah.

Karena kubah diambil alih oleh pemerintahan Umayyah, umumnya kubah itu berbentuk setengah bola atau kerucut, permukaannya melengkung ke arah luar.

Karena bentuknya, istilah plat dome digunakan dalam dunia arsitektur karena bentuknya yang rendah dan alasnya yang besar. Ada juga istilah kubah bawang karena hampir menyerupai bentuk bawang.

Peran Kairo tidak bisa dilupakan dalam sejarah perkembangan kubah. Gaya kubah Islam pertama dibangun di sana pada paruh kedua abad ke-10 pada masa pemerintahan dinasti Fatimiyah di Mesir.

Namun banyak di masyarakat (secara umum) berkewajiban, bangunan masjid harus memiliki atap (kubah masjid). Di sudut lain pemikiran banyak orang yang sedang dalam perjalanan (masjid) menuju masjid, masjid memberi petunjuk jika ada kubah.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda gunakan sebagai panduan memilih motif kubah masjid yang perlu Anda ketahui dengan baik.

Lingkungan alami

Dalam hal ini, hubungan antara kondisi alam dan pilihan motif pada kubah sangat dekat dalam hal keindahan dan harmoni. Sifat Indonesia, yang didominasi oleh hutan, akan membuat pemilihan kubah penting untuk membuat posisi masjid diketahui dari jauh.

Tradisi penduduk setempat

Sebuah tradisi yang telah berkembang di wilayah ini merupakan tolok ukur bagi masjid yang ingin memilih motif kubah masjid. Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa masing-masing kelompok masyarakat memiliki keyakinannya sendiri dalam pelarangan warna tertentu untuk diterapkan pada kubah.

Seperti halnya ketika sekelompok orang menganggap warna merah menjadi sangat tidak cocok untuk pemilihan kubah masjid, Anda tidak disarankan untuk memilih warna ini. Dalam konteks ini, Anda perlu tahu bahwa masing-masing daerah juga memiliki karakteristik sendiri sehingga pemilihan kubah dapat didasarkan pada nilai keunikan masing-masing daerah.

Hubungi pihak terkait

Jika Anda ingin memilih motif kubah masjid, lebih baik berkonsultasi dengan pihak terkait, apakah itu masjid, dengan melibatkan masyarakat sekitar atau kontraktor yang akan membantu menyelesaikan pemasangan kubah. adalah. Melalui saran, Anda dapat menemukan motif dan harga kubah masjid sesuai dengan desain arsitektur eksterior kubah.

Cara membuat kubah dari masjid email

Pemasangan kubah enamel tidak sesulit yang diharapkan. Waktu pemrosesan juga tidak akan lama. Ini adalah salah satu keunggulan kubah enamel. Keuntungan ini membuat kubah enamel menjadi pilihan tepat dalam pembuatan kubah masjid. Ukuran kubah enamel, yang dapat disesuaikan tergantung pada desain, membuatnya lebih fleksibel. Beberapa langkah untuk membuat kubah masjid enamel adalah sebagai berikut:

Pemasangan bingkai

Instalasi kerangka adalah tahap pertama dalam serangkaian desain kubah enamel. Pada saat ini, bingkai ditempatkan di atap masjid, yang nantinya akan menjadi kursi piring kubah. Bingkai utama terbuat dari pipa galvanis berukuran 1 hingga 3 inci dan tebal 2 milimeter. Sedangkan rangka penyangga menggunakan material berongga dengan ketebalan 1 milimeter.

Pemasangan plat Galvalum

Pelat Galvalum adalah lapisan pertama di dalam kubah. Fungsi lapisan ini adalah untuk memberi kekuatan pada kubah masjid dan untuk membentuk kubah sehingga sesuai dengan desain.

Pemasangan membran Kubah

Pemasangan membran yang terbuat dari bahan polimer konon membuat kubah lebih kedap suara, mencegah kebocoran dan membuatnya lebih tahan terhadap cuaca panas.

Pemasangan pelat enamel

Setelah menerapkan lapisan membran, konstruksi kubah enamel dilanjutkan dengan memasang pelat enamel. Plat enamel memberi desain kubah masjid. Dengan memasang pelat enamel, kubah masjid menjadi lebih tahan cuaca, kedap air, dan terlihat lebih indah.

Pemasangan makara atau mahkota di atas kubah

Tahap terakhir membangun kubah enamel adalah pemasangan Makara atau mahkota. Dengan meletakkan makara ini, detail kubah enamel menjadi lebih megah dan indah. Selain Makara, Anda juga dapat menempatkan speaker di atas kubah masjid untuk meningkatkan suara panggilan untuk sholat yang bergema dari muazin.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih layanan dari perusahaan kubah masjid.

survei

Saat memilih kontraktor untuk kubah masjid, Anda harus terlebih dahulu melihat hasil karyanya. Tentu saja, pembuat kubah bekerja pada banyak proyek dengan kualitas yang baik, dan Anda dapat melihat dan mengevaluasi hasil pekerjaan mereka jika Anda pantas memilih. Jika Anda tidak memiliki kualitas, Anda dapat mencari produsen kubah masjid lainnya. Pilih siapa yang memiliki pengalaman yang cukup dengan melihat beberapa proyek yang sedang mereka kerjakan.

Tanya teman atau kenalan

Tidak ada salahnya untuk terlebih dahulu bertanya kepada teman atau kenalan yang telah menggunakan jasa perusahaan kubah masjid yang akan Anda pilih. Jika Anda berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman, Anda dapat memilih pabrikan kubah mana yang bisa Anda andalkan.

Anda juga bisa mendapatkan saran untuk menemukan Pembuat Kubah Masjid yang bagus dan mampu belerja dengan profesional. Kebanyakan orang membagikan informasi mereka berdasarkan pengalaman. Pengalaman orang-orang yang telah menggunakan layanan ini sangat Anda butuhkan.

Jangan tergoda dengan harga murah

Karena harga rendah berkorelasi langsung dengan bahan-bahan di pasaran, Anda harus berhati-hati dan selektif ketika memilih produk terbaik. Periksa apakah penawaran harga sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Pilih bahan berkualitas yang digunakan.

Pilih kontraktor instalasi kubah yang benar-benar memahami perhitungan kekuatan struktur dan material lapangan dan tidak didasarkan pada asumsi dan perkiraan. Produsen kubah yang baik pasti akan menggunakan bahan berkualitas. Jika Anda yakin bahwa bahan yang Anda gunakan berkualitas buruk, Anda harus menunda bekerja dengan pabrik kubah. Penggunaan material yang tidak berkualitas baik tidak menjadikan hasil kubah masjid permanen.

Periksa jenis bahan yang ditawarkan

Perhatikan baik-baik jenis bahan yang digunakan dan, jika perlu, cari tahu kelebihan dan kekurangan dari jenis bahan yang ditawarkan secara detail.

Kontraktor yang dapat hadir

Untuk memiliki tim dan tenaga ahli yang dapat mempresentasikan hasil pekerjaan dan untuk menyediakan pelanggan dengan pengetahuan yang jelas dan menyeluruh tentang bidang pekerjaan mereka. Kontraktor yang baik menjelaskan kelebihan dan kekurangan bahan yang akan digunakan.

Kontraktor memiliki SOP yang ketat

Pilih mereka yang penerapan standar pekerjaan atau SOP-nya cukup ketat dalam penerapannya. Ini untuk memastikan kualitas dan keamanan bahan yang digunakan. Bahan yang dipasang harus memiliki standar kualitas bahan yang tepat sehingga dapat dipertimbangkan secara estetika dan aman.