Uncategorized

Karakteristik Unta Yang Menakjubkan

Didominasi ribuan tahun yang lalu oleh para pedagang kemenyan, yang melatih pengunyah makanan ringan untuk melakukan perjalanan panjang dan sulit dari Arab selatan ke wilayah utara Timur Tengah, unta kemudian menjadi sumber penghuni gurun sumber transportasi utama, teduh. , susu, daging, wol dan kulit.

Berbicara tentang gurun, pasti ada satu binatang yang muncul di benak Anda: unta. Ya, unta sangat terkait dengan gurun, karena di sinilah mereka digambarkan tinggal. Sebagian besar dari kita hanya mengenali unta dari punggung mereka yang berpunuk juga.

Dengan dua fakta di atas, Anda mungkin berpikir bahwa unta hanyalah binatang yang membosankan. Tapi tahukah Anda bahwa unta memiliki banyak hal dalam hidup mereka yang belum Anda ketahui? Unta sebenarnya adalah hewan yang agak unik, dibandingkan dengan jenis hewan lainnya.

Apakah Anda tidak tahu bahwa unta terkait erat dengan alpaka dan llama daripada yang Anda pikirkan? Apakah Anda tahu berapa banyak air yang bisa mereka minum hanya dalam satu duduk? Seperti yang kami katakan sebelumnya, unta memiliki lebih banyak rahasia daripada yang Anda kira.

Di sini, di artikel ini, kami akan mengungkap kehidupan rahasia unta. Ikuti terus untuk mengetahui lebih baik tentang hewan ini.

Keluarga Dua

Unta bukan satu-satunya anggota keluarga, dan bahkan keluarga itu sendiri sebenarnya lebih besar dari yang Anda kira. Secara umum, ada dua spesies unta saat ini ada di bumi, yaitu unta Dromedaris dan unta Baktria.

Unta dromedari adalah yang tinggal di Afrika, Arab, dan Timur Tengah. Ini adalah spesies yang sering digambarkan dalam film dan buku, dengan punuk besar yang terkenal di belakang. Yang ini adalah yang tertinggi dari semua spesies unta yang ada.

Selain penampilannya, unta dromedari juga dikenal karena kekebalan tubuhnya yang luar biasa. Mereka diketahui menderita lebih sedikit penyakit daripada ternak lain, seperti kambing dan sapi. Inilah alasan mengapa orang lebih suka hewan ini dijinakkan.

Sedangkan unta Baktria adalah yang tinggal di sisi lain Asia. Mereka dapat ditemukan di Mongolia dan Cina, tepatnya di dekat gurun Gobi. Unta Baktria adalah bagian penting dari ekonomi Asia pada masa itu, karena mereka adalah metode transportasi untuk jalan sutra.

Bactrians lebih kecil dari Dromedary, tetapi mereka memiliki fitur unik yang membuat mereka mudah dibedakan dari rekannya. Unta-unta Baktria memiliki dua, bukannya satu, punuk di punggung mereka. Jadi, jika Anda melihat unta dengan dua punuk bukan satu, itu pasti unta Baktria dari daerah di sekitar Gurun Gobi.

Yang liar

Hampir semua unta yang Anda lihat di TV adalah unta peliharaan. Namun, unta liar masih ada di sekitar gurun Gobi. Semua unta liar itu adalah unta Baktria, dan baru ditemukan pada akhir abad ke-19.

Pada awalnya, para peneliti berpikir bahwa mereka hanya sapi pelarian, tetapi setelah beberapa penelitian diketahui bahwa populasi unta liar ada. Para peneliti bahkan menetapkan unta liar sebagai spesies berbeda dari unta Bactrian peliharaan, memberi mereka nama Camelus ferus.

Unta liar adalah yang paling langka di antara semua spesies unta, dengan hanya kurang dari 1000 individu yang tersisa. Dengan jumlah seperti itu, cukup bagi mereka untuk diklasifikasikan menjadi spesies yang terancam punah. Mereka biasanya bergerak dalam grup dan sepenuhnya bermigrasi.

Di sisi lain, populasi unta Baktria sekitar 2 juta jumlahnya, dan ada sekitar 15 juta unta Dromedari di bumi. Dari data, kita dapat melihat bahwa unta peliharaan lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan unta liar.

Perburuan bukan alasan utama penipisan populasi mereka. Sebaliknya, ini disebabkan oleh peningkatan populasi manusia. Mereka perlu bersaing dengan pembuat kecerdasan paling di bumi untuk sumber daya, dan mereka kehilangan itu.

Fakta?

Jika sejarah keluarga unta tidak cukup menarik untuk Anda, sebenarnya ada banyak hal menarik tentang unta untuk dibicarakan. Satu hal yang menarik adalah bagaimana bertahan hidup mereka. Meskipun mereka selalu dikaitkan dengan suhu panas di makanan penutup, tetapi mereka juga bisa bertahan dari suhu terdingin juga.

Dari sejarah singkat keluarga unta ‘utama’, kita tahu bahwa kebanyakan dari mereka dijinakkan. Tetapi di alam liar, makanan penutup bisa menjadi sangat dingin di malam hari. Dengan demikian, mereka memiliki kemampuan untuk membentuk mantel pelindung untuk melindungi diri mereka dari suhu dingin juga. Mereka biasanya membentuknya selama musim dingin dan menumpahkannya selama musim panas.

Mereka juga mengembangkan bibir atas yang terbelah sehingga mereka bisa makan rumput dataran rendah secara efektif. Fitur ini meningkatkan kemampuan mereka untuk makan lebih banyak makanan agar metabolisme mereka bertahan dari suhu ekstrem di pencuci mulut.

Selain itu, mereka juga dapat minum air untuk menghidrasi diri mereka lebih cepat daripada mamalia lainnya. Hanya dalam 10 menit, mereka dapat minum sekitar 30 galon air! Dan tahukah Anda berapa banyak air yang bisa mereka minum sekaligus? Sekitar 50 galon!

Jumlah air yang berlebihan itu tidak disimpan dalam punuknya, seperti yang selalu kita pikirkan, tetapi di perut mereka. Benjolan mereka sebenarnya adalah reservoir jaringan lemak. Benjolan sebenarnya adalah konsentrasi lemak tubuh, di mana dengan fitur ini mereka dapat meminimalkan efek isolasi yang dimiliki lemak, tetapi masih memiliki fitur tersebut.

Sepupu Jauh

Itu juga tidak cukup menarik? Maka ini mungkin satu-satunya. Unta bukan satu-satunya anggota keluarga. Unta juga memiliki anggota keluarga lain, entah bagaimana seperti sepupu jauh, yang tinggal jauh dari tanah air mereka: llama dan alpaka.

Meskipun keduanya tinggal jauh dari ‘daratan’, tetapi secara genetik mereka terkait dengan unta asli. Mereka semua disebut unta, dan muncul di bumi sekitar 45 juta tahun yang lalu selama era Eosen tengah.

Tetapi mengapa unta juga ada di Benua Amerika? Bagaimana mereka berenang sejauh itu dari daratan di Asia? Salah, faktanya adalah tanah asli tempat unta pertama kali muncul adalah di Amerika Utara, dan entah bagaimana mereka berhasil melakukan perjalanan sejauh itu ke Asia.

Dapat dilihat dari peta dymaxion bahwa Amerika utara sebenarnya terletak di tengah-tengah peta, dan daerah-daerah di mana unta hidup saat ini berada di kedua sisi. Ini tidak biasa, karena itu berarti bahwa mereka memilih untuk melakukan perjalanan di seluruh tempat untuk mencapai kedua sisi daripada tinggal di tanah air asli mereka.